Minggu, 25 Oktober 2015

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-1

TUGAS MINGGU KE-1
 
   1.  JELASKAN APA YANG DIMAKSUD BISNIS MENURUT KELOMPOK ANDA DAN BERIKAN 20 CONTOH BISNIS NYATA (UNIVERSAL)!

Jawab:
Bisnis merupakan aktivitas yang  menyediakan dan menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan laba.
Contoh:
-          PT Astra Otoparts (bisnis bengkel dan onderdil),
-          PT Aneka Tambang (bisnis tambang emas),
-          PT Djarum Super (bisnis industri rokok),
-          Fa Liem Catering (bisnis catering),
-          Jhony Andrean (bisnis salon),
-          PT Garmen (bisnis konveksi pakaian),
-          PT Colombia (bisnis elektronik),
-          PT Yakult (bisnis minuman),
-          Yongki Komaladi (bisnis konveksi sepatu),
-          Blits Megaplex (bisnis bioskop),
-          PT Sido Muncul (bisnis jamu modern dan obat),
-          PT Odira Energy Persada (bisnis gas bumi),
-          Fa Bandung Caoz (bisnis distro),
-          Ganesha Operation (bisnis pendidikan),
-          KFC (bisnis makanan cepat saji),
-          PT Sumber Alfaria (bisnis pasar swalayan),
-          PT Gramedia Utama (bisnis toko buku),
-          PT Chimory (bisnis yoghurt),
-          CV Inul Vista (bisnis karaoke),
-          PT Pertamina (bahan bakar).

   2.  BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG HARUS BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING-MASING ALASAN TERSEBUT!

Jawab:
a.       Karier di masa depan
Bisnis telah berkembang seirama dengan perkembangan bangsa pada khususnya maupun dunia pada umumnya. Perkembangan ini tentu saja membawa konsekuensi logis bahwa akan terbuka lebarnya lapangan kerja di bidang bisnis ini. Sehubungan dengan alasan itu banyak pula yang mempelajari bisnis ini secara formal untuk meraih jenjang kenaikan karier yang ditekuninya.

b.      Membuka bisnis sendiri atau berwiraswasta
Alasan ini banyak pula yang dikemukakan oleh para pelajar atau mahasiswa, hal ini dimaksudkan untuk mempelajari prinsip dasar serta konsep dan metode untuk menjalankan bisnis secara lebih profesional dan menguntungkan. Alasan ini banyak pula dimiliki oleh para bisnisman yang telah berwiraswasta untuk memperbaiki performance bisnis mereka selama ini. Para wiraswastawan memang sangat mendambakan pengetahuan bisnis atau manajemen bisnis ini karena dengan metode yang lebih baik mereka akan lebih berhasil.

c.       Pengendalian masalah-masalah sosial
Semua orang akan selalu terlibat dengan kegiatan bisnis. Hal ini tidak jarang kegiatan bisnis menimbulkan gangguan masyarakat di lingkungan, baik gangguan alami maupun gangguan manusiawi. Gangguan tersebut dapat berupa polusi udara, polusi suara, polusi air limbah industri, pelestarian hutan/satwa serta alam yang lain. Untuk itu mempelajari bisnis sangat dibutuhkan agar kita calon pembisnis atau pembisnis dapat mengendalikan masalah-masalah yang timbul.


    3.  JELASKAN DENGAN 1 CONTOH NYATA (UNIVERSAL) MENGENAI HAKIKAT BISNIS!

Jawab:
Hakikat bisnis adalah suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Seorang pembisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.
Contohnya adalah rumah makan BEBEK MBAK NANIK. Menu yang di tawarkan di tempat tersebut banyak atau bervariasi, harganya pun terjangkau bagi kalangan menengah kebawah. Selain itu, pelayanannya pun sangat ramah dan cepat sehingga banyak orang tertarik datang ke tempat tersebut karena merasa puas dengan pelayanannya.


     4.  SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL DAN BERIKAN ALASANNYA!

Jawab:
Lingkungan internal adalah unsur-unsur yang berada di dalam organisasi atau usaha
tersebut. Yang termasuk faktor internal adalah:
-          Modal
Hal yang paling utama sebelum memulai bisnis adalah modal. Tanpa modal, suatu bisnis
tidak dapat berjalan.
-          Tenaga Kerja
Memiliki tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan yang baik akan dapat membuat bisnis yang kita jalani maju.
-          Bahan Baku
Setiap bisnis pasti memiliki bahan baku untuk mengolahnya menjadi bahan jadi yang siap di pakai. Pemilihan bahan baku yang benar akan membuat bisnis kita memiliki nilai lebih daripada yang lain.
-          Peralatan atau perlengkapan produksi
Setiap perusahaan pasti membutuhkan perlengkapan atau peralatan untuk pembuatan produk usahanya dan pendukung usahanya. 
-          Metode
Setiap perusahaan atau organisasi bisnis pasti memiliki metode yang baik untuk mengembangkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Lingkungan eksternal adalah unsur-unsur yang berada di luar organisasi atau
usaha tersebut. Yang termasuk faktor eksternal adalah:
-          Pemerintah
Lembaga yang menetapkan kebijakan dan membuat undang-undang agar perekonomian suatu Negara dapat berjalan dengan lancar seperti apa yang telah direncanakan sebelumnya.
-          Pemegang saham
Pemegang saham dapat mempengaruhi perusahaan atau organisasi bisnis dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimilikinya di dalam perusahaan tersebut sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut.
-          Kreditor
Suatu lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dana atau modal demi berlangsungnya serta berkembangnya perusahaan tersebut.
-          Pesaing
Dalam dunia bisnis pasti banyak sekali pesaing yang akan menyaingi bisnis kita. Namun jika perusahaan tidak ingin kalah saing, maka perusahaan harus terus-menerus melakukan perkembangan dan berbagai macam inovasi baru yang dapat menarik konsumen.
-          Konsumen
Konsumen adalah orang yang bersedia membelanjakan uang yang dimilikinya untuk ditukarkan dengan barang atau jasa yang dibutuhkannya. Dalam bisnis peran konsumen sangatlah penting karena dapat membantu mengembangkan bisnis. 
-          Pemasok
Pemasok berfungsi untuk membantu perusahaan mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah sehingga memiliki nilai lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar